Rakor PPID Tabanan

Tabanan – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Tabanan melaksanakan rapat koordinasi bertempat di ruang rapat Lantai 3 Kantor Bupati, Selasa 19/3. Rapat dihadiri oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanna, PPID Pembantu Pemerintah Kabupaten Tabanan serta Ketua Forum Perbekel Kecamatan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, I Made Andi Suryawan, ST, MM melaporkan bahwa tujuan dari rapat ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu sampai ketingkat Pemerintahan Desa terkait dengan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga berdampak terbangunnya kepada citra positif masyarakat terkait pemerintahan di Kabupaten Tabanan. Made Andi menambahkan bahwa PPID Kabupaten Tabanan pada tahun 2018 menempati peringkat ke-5 versi Komisi Informasi Provinsi Bali yang sebelumnya menduduki peringkat ke-9 di tahun 2017.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. I Made Agus Harthawiguna, M.Si yang juga selaku PPID Utama Kabupaten Tabanan menyatakan keterbukaan informasi adalah pilar penting yang akan mendorong iklim transparansi sesuai amanat UU 14 Tahun 2008. Pemerintah Kabupaten Tabanan sebagai badan public berkewajiban untuk melaksanakannya. Berbagai instrument untuk mengakses informasi yang mudah, cepat serta murah telah disiapkan (www.tabanankab.go.id). Pengisian konten di masing – masing OPD dapat dimaksimalkan.

Agus menambahkan, PPID Pembantu diharapkan secara periodik dapat melaporkan Daftar Informasi Publik (DIP) yang dikuasainya kepada PPID Utama untuk ditetapkan menjadi DIP Kabupaten Tabanan.

Rapat diisi oleh narasumber dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, I Putu Sundika, ST, MT dengan materi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *