KI Langsung Kunjungi Badan Publik

Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali melaksanakan visitasi (kunjungan) terkait monitoring dan evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Tabanan. Visitasi dihadiri oleh Komisioner KI Bali, Widiana Kepakisan, diterima oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika yang juga selaku PPID Utama Kabupaten Tabanan, I Wayan Suradigama, SH, di ruang rapat Diskominfo, Jumat (13/9). Badan publik yang di monitoring dan di evaluasi diantaranya: 9 OPD (Organisasi Perangkat Daerah), 2 (Perusahaan Daerah) serta 13 Desa di Kabupaten Tabanan.

Suradigama menyampaikan rasa terima kasih kepada KI Bali yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan serta arahan kepada badan publik yang ada di Kabupaten Tabanan. Sehingga pelayanan informasi publik dapat bejalan dengan maksimal. “Kami di Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan publik khususnya pelayanan informasi kepada publik dengan maksimal. Hal ini dilaksanakan mengingat banyaknya informasi di masyarakat bahkan di media sosial yang tidak sesuai dengan data yang ada. Sehingga dengan konsistennya keterbukaan informasi publik oleh badan publik di Tabanan dapat menepis berita – berita bohong yang berkembang”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Widiana Kepakisan menyatakan bahwa KI mempunyai kewenangan untuk memonitoring serta mengevaluasi pelayanan keterbukaan informasi publik kepada badan publik. Setelah pelaksanaan monev, KI berkewajiban mengumumkan hasil monev tersebut kepada publik.

Secara umum pelayanan keterbukaan informasi publik sudah baik dan meresponnya dengan cepat. Widiana menyampaikan bahwa dirinya akan menanyakan langsung terkait pengisian kuisioner yang telah dikirim oleh badan publik. “Kami akan langsung melaksanakan pengecekan ke lapangan, apakah sesuai yang dikirimkan dengan kenyataan yang ada dilapangan”, imbuhnya.

Suradigama juga mengatakan bahwa apapun hasil dari monev KI Bali kali ini, akan dijadikan sebagai acuan dan perbaikan pelayanan kedepan. Diakhir acara Suradigama mendampingi KI Bali melaksanakan visitasi beberapa badan publik, diantaranya Badan Keuangan Daerah, Badan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan serta Perusahaan Daerah Air Minum.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *